Posting pekerjaan

Ingin Berhijab? Ketahui Dulu Beberapa Bahan Kain Hijab dan Karakteristiknya

Hijab menjadi salah trendsetter tersendiri bagi kalangan muslimah, baik remaja maupun dewasa. Ada banyak sekali model atau style hijab yang bisa dikombinasikan menjadi sebuah penampilan yang menarik. Dalam memilih hijab, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti salah satunya adalah bahan utamanya.

Bahan Hijab yang Paling Sering Digunakan

Bahan sangat penting untuk diperhatikan karena bisa mempengaruhi kenyamanan saat mengenakannya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bahan hijab yang memang paling sering dipilih. Hal tersebut dikarenakan, bahan-bahan dibawah ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahan lain. Berikut adalah ulasannya.

1.  Shiffon

Jenis hijab ini adalah jenis hijab dari bahan dasar kapas, sutra dan serta sintetis. Jenis dari hijab ini pun memiliki sifat yang tipis, licin dan juga panas ketika digunakan untuk bahan kerudung apabila tidak dikombinasikan dengan desain kerudung itu sendiri, biasanya kain jenis inipun pemakaiannya di gunakan dengan aksesoris seperti ciput.

Meskipun demikian, bahan ini cukup banyak digemari oleh hijaber dan wanita muslimah lainnya karena sifatnya yang ringan. Kain siffon adalah kain yang ringan yang terbuat dari katun, sutra ataupun benang sintetis.

2. Hycon

Apabila sekilas kita lihat, kain kerudung dari bahan dasar hycon tak terlihat berbeda dengan jenis kerudung dari bahan shiffon. Namun jenis kain untuk hijab ini memiliki sifat yang lembut dibandingkan dengan shiffon, dan biasanya dalam pemakainnya pun ditambahkan dengan ciput dan dilapisi kerudung hycon.

Desain hijab ini bisa dapat dibuat dengan istilah double hycon, atau dibuat dua lapis. Anda bisa berkreasi sebagaimana rupa agar bisa mendapatkan bentuk hijan yang cantik dan nyaman saat digunakan.

3. Voile

Jenis kerudung ini memiliki sifat yang hampir sama dengan bahan kerudung hycon, yakni sama-sama memiliki sifat halus dan lembut. Bahan hijab ini sangat cocok sekali digunakan ketika siang hari dan penggunaannya pun harus menggunakan bahan dalaman.

Mirip dengan Paris, namun hijab ini masih memiliki kelas premium yang lebih tinggi.Ciri dari Voal adalah lebih kaku dan menggunakan bahan 100% katun tipis. Dengan begitu, saat digunakan akan sangat ringan, mudah dibentu, dan mudah untuk dibersihkan. Anda akan tetap merasa nyaman meskipun dipakai seharian penuh.

4. Rayon

Hijab dengan bahan rayon akan membuat Anda terasa lebih dingin di sepanjang harinya. Kesan yang dipancarkan dari bahan ini yakni warna yang lebih kasual. Tetapi perlau Anda ketahui bahwa hijab ini pun mudah sekali kusut dan juga luntur. Maka dari itu, pilihlah dengan bahan yang tidak luntur.

5. Katun

Untuk kenyamanan dan kreasi yang lebih mudah, Anda dapat menggunakan hijab dengan bahan katun Lycra ataupun Spandex. Keunggulan dari bahan ini pun adalah dari perawatannya yang lebih mudah. Selain itu juga Anda dapat memanfaatkan efek dari mengkilap yang ada pada hijab Anda. Bahan ini juga sangat awet dan tidak mudah kusut saat digunakan.

6. Sutra

Bahan hijab dari sutra sangat dikenal dengan teksturnya yang lebih fleksibel dan nyaman untuk dikenakan. Selain itu juga, bahan dasar dari sutra adalah kain yang elegan dan cocok untuk digunakan dalam acara-acara formal. Namun, untuk harganya memang lebih mahal dibanding dengan bahan-bahan yang lain.

Itulah tadi beberapa macam bahan untuk hijab yang bisa Anda pilih. Anda bisa menyesuaikannya dengan aktivitas atau dengan kenyamanan tersendiri. Setiap orang pasti memiliki pilihannya tersendiri soal bahan hijab. Namun, secara garis besar, bahan-bahan diatas adalah yang paling direkomendasikan sebagai pilihan hijab sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *